Kamis, 05 November 2015

TEKNIK INDUSTRI

            Jurusan Teknik Industri program Sarjana strata 1 berdiri 1995 dan telah meluluskan lebih dari 1250 sarjana Teknik yang berkarier sebagai pegawai pemerintah dan swasta, perbankan, pengusaha. Jurusan dikelola oleh 15 dosen yang bergelar Doktor atau Magister. Jumlah mahasiswa aktif 400 mahasiswa. Lulusan Sarjana Teknik Industri dibekali dengan keterampilan dan keahlian dalam bidang Sistem Industri dan Manajemen Industri.
            Teknik Industri  memiliki Laboratorium Pemrograman dan Aplikasi Komputer, Sistem Manufaktur, Simulasi dan Optimasi Sistem Industri, Perancangan kerja dan Ergonomi, CIM (Computer Integrated Manufacturing), CAD dan produksi. Selain itu juga disediakan ketrampilan yang bersetifikasi Internasional yakni sistem Analisis dan pengembangan program (SAP, Systemanalyse Und Programmentwicklung) dan CAD dari AutoDesk Inc.


Visi Program Studi
 Menjadi program studi terkemuka, unggul dan islami dalam bidang ilmu keteknik Industrian

Misi Program Studi
1.      Menyelenggarakan pendidikan Teknik Industri berkualitas nasional yang berkelanjutan.
2.      Mengimplementasikan ilmu keteknik Industrian dengan melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
3.      Menyelenggarakan kegiatan akademik dan non-akademik yang mendukung terwujudnya sivitas akademika Teknik Industri yang berbudaya, bermoral dan agamis.
 
Tujuan Program Studi

Menghasilkan lulusan “Sarjana Teknik Industri” yang :
1.      Memiliki keunggulan dibidang keilmuan dan ketakwaan sehingga mampu beradaptasi serta mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi Teknik Industri
2.      Memiliki kualitas mampu menganalisa, merancang dan memperbaiki suatu sistem industri terintegrasi secara efektif, efisien, produktif dan optimal.
3.      Kompeten dibidangnya, kreatif, inovatif, berwawasan enterpreuneur, berbudaya dan bermoral.
4.      Mampu beradaptasi dan mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
5.      Memiliki pengalaman penelitian dan implementasi ilmu keteknik Industrian.
6.      Mampu menjadi teladan dalam berkehidupan bermayarakat.
7.      Mampu bersaing secara global dengan menjalin kerjasama dengan stakeholders.

         
    Secara umum lulusan program sarjana Teknik Industri, sesuai dengan Kurikulum Inti Teknik Industri se-Indonesia harus memiliki
kompetensi utama sebagai berikut:
ü  Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimental.
ü  Mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global.
ü  Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik industrian-nya.
ü  Mampu berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif.
ü  Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.

Sedangkan secara khusus lulusan sarjana Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang harus memiliki kemampuan sebagai berikut :
ü  Memiliki kualitas mampu merencanakan, merancang dan memperbaiki suatu sistem industri secara efektif dan efisien.
ü  Memiliki pengalaman penelitian dan implementasi ilmu ke-teknik-industrian dalam pemecahan masalah.
ü  Mampu beradaptasi serta mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik-industrian-nya.
ü  Memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif dan bekerja sebagai team work.
ü  Memiliki rasa tanggung jawab yang profesional.
ü  Memiliki etika profesi yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

daftar pustaka:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar